Sebelum Membeli Laptop Gaming Pastikan Memilik 5 Fitur Ini

Sebelum Membeli Laptop Gaming Pastikan Memiliki 5 Fitur Ini

Game laptop unik dalam hal desain. Dengan keyboard yang memiliki backlit dan tikungan tebal, mereka pasti akan menarik mata ketika Anda melihatnya di toko. Keputusan untuk membeli laptop gaming tergantung pada jenis game yang ingin Anda mainkan, gaya hidup Anda, dan tentu saja anggaran yang ingin Anda belanjakan.

Jadi, jika Anda seorang gamer profesional atau Anda ingin menjadi salah satu dari mereka, maka pertimbangkan fitur-fitur ini yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli laptop gaming Anda. Dengan cara ini Anda dapat yakin bahwa Anda akan membuat keputusan pembelian terbaik.

1. Portabilitas

Ada berbagai tingkat portabilitas ketika berbicara tentang laptop gaming. Beberapa di antaranya sedikit lebih berat daripada laptop biasa, yang terlalu berat untuk dibawa di punggung Anda. Laptop gaming jelas-jelas kurang portabel dan akan memiliki lebih banyak fungsi daripada laptop rata-rata. Jika Anda berencana menggunakannya hanya di rumah atau memindahkannya di antara kamar-kamar di gedung yang sama, laptop yang memiliki lebar 17 “-18”, seperti Alienware 17, akan menjadi pilihan yang baik.

Di sisi lain, laptop dengan lebar 13 “-14” menawarkan portabilitas terbaik, karena beratnya kurang dari 2,5 kg. dan memiliki daya tahan baterai hingga 7,5 jam. Beberapa contoh bagus dalam kategori ini termasuk Alienware 13, Razer Blade, dan Aorus X3 Plus V3.

2. GPU (Kartu Grafis)

Kartu grafis, atau biasa disebut GPU, adalah dasar dari semua laptop gaming karena proses dan pengiriman data ke layar Anda adalah dalam bentuk gambar. Proses ini dapat menjadi lebih rumit ketika bermain game, dan karenanya, GPU dengan memori khusus, atau dikenal sebagai VRAM, sangat penting untuk laptop gaming.

Anda harus mempertimbangkan membeli laptop dengan setidaknya 4GB VRAM. Mayoritas laptop gaming biasanya diisi dengan GPU Nvidia. Namun, beberapa merek memungkinkan gamer yang menyukai AMD untuk mengkonfigurasi sistem seperti yang mereka inginkan.

3. Tampilan

Tidak ada gunanya memiliki grafik yang indah dan frame rate yang halus jika laptop gaming Anda tidak memiliki layar yang dapat memunculkan warna-warna cerah dan pemandangan indah. Sebagai permulaan, resolusi laptop gaming harus setidaknya 1920 x 1080. Lebih rendah dari itu, pengalaman gaming Anda akan sangat terganggu karena layar yang buruk.

4. Hard Drive

Ketika datang untuk bermain, kecepatan sangat penting, dan ini akan menjelaskan mengapa sebagian besar gamer lebih suka SSD Hard Drives. Hard Drive SSD menawarkan waktu pemuatan game yang lebih rendah dan lebih cepat, yang pada akhirnya mengarah pada pengalaman bermain yang lebih optimal.

Pertimbangkan untuk membeli laptop dengan hard drive minimal 1TB dengan kecepatan 7200 rpm. Jika Anda dapat menemukan konfigurasi antara HDD dan SSD, lakukanlah, karena ini memberikan ruang untuk file game Anda dan semua hal lain yang mungkin ingin Anda masukkan ke laptop Anda.

5. Keyboard

Walaupun komponen-komponen di atas sangat penting, Anda juga tidak boleh melupakan keyboard, karena inilah yang sebenarnya akan Anda gunakan dengan tangan saat bermain. Anda harus memastikan bahwa keyboard Anda selain terlihat bagus, juga terasa nyaman saat digunakan.

Keyboard laptop gaming yang baik harus memiliki lampu latar yang dapat disesuaikan dan harus memberikan respons yang cepat. Perangkat lunak Synapse 2.0 Razer memungkinkan Anda untuk mendapatkan keyboard yang sempurna bila dikombinasikan dengan perangkat keras Razer. Perangkat lunak SteelSeries Engine dan Alienware FX juga membantu membuat keyboard Anda lebih stabil.

Akhirnya, dibandingkan dengan semua kriteria di atas, satu kriteria lain yang juga sangat penting adalah anggaran Anda. Banyak rekomendasi untuk laptop dan komponen yang disebutkan di atas tetapi sesuaikan lagi dengan anggaran Anda. Tetapi ingat bahwa kadang-kadang ada baiknya menghabiskan sedikit lebih banyak uang jika Anda benar-benar ingin puas dengan produk yang berkualitas.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *