Cara Mudah Memperbaiki Kerusakan Pada Kartu Jaringan LAN Card

Cara Mudah Memperbaiki Kerusakan Pada Kartu Jaringan (LAN Card)

Mengatasi Kerusakan Kartu Jaringan (Kartu LAN) – Pada artikel ini kami akan meninjau cara menangani kerusakan pada kartu jaringan (Kartu LAN).

Sebelum jasa instalasi jaringan membahas apa saja gejala kerusakan yang disebabkan oleh Kartu LAN dan bagaimana cara memperbaikinya, penting bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu apa fungsi Kartu LAN itu sendiri.

Kartu LAN atau kartu jaringan adalah perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya, antara komputer ke printer, hub, sakelar, router, dan perangkat lain melalui port yang terdapat pada Kartu LAN.

Dengan Kartu LAN, semua perangkat jaringan akan dapat terhubung satu sama lain dan dapat berkomunikasi satu sama lain, serta komunikasi data yang dikirimkan melalui jaringan, Kartu LAN akan menangkap data yang dikirimkan dan kemudian akan diberikan sebagai masukan ke komputer untuk diproses.

Namun, dalam beberapa kasus kerusakan sering disebabkan oleh Kartu LAN, seperti tidak dapat menghubungkan komputer ke jaringan meskipun kabel UTP dan konektor RJ-45 masih dalam kondisi baik dan telah terhubung dengan benar ke port Kartu LAN , maka koneksi jaringan terlalu sering.

Tanda-tanda kerusakan Kartu LAN akan dapat melihat dari lampu yang tidak menyala atau tidak berkedip pada Kartu LAN, untuk melihatnya Anda dapat memeriksa tepat di bagian belakang komputer Anda di mana kabel UTP terhubung ke port Kartu LAN .

Baca Juga:

Penyebab kerusakan dari Kartu LAN dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kemungkinan korosi (karat), keausan, dan kerusakan pada komponen fisik Kartu LAN itu sendiri, ini mungkin terjadi karena ruang atau tempat jaringan lembab yang sudah terlalu lama tanpa pengobatan secara berkala.

Bagaimana Anda memperbaikinya?

Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama Anda dapat membuka komputer Anda mencairkan dan mengeluarkan perangkat Kartu LAN, kemudian membersihkan komponen menggunakan sikat, kemudian mencoba untuk menggantinya dengan benar, pastikan itu tidak dipasang secara longgar, kemudian pastikan kabel dan RJ- 45 konektor terhubung dengan benar ke Kartu port LAN. Jika ini masih tidak memungkinkan, ikuti langkah selanjutnya.

Pastikan juga kabel UTP dan konektor RJ-45 Anda masih berfungsi dengan baik, untuk mengujinya Anda dapat terhubung ke komputer lain terlebih dahulu, dan jika Anda menemukan bahwa komputer dapat terhubung dengan benar ke jaringan, maka kabel UTP dan RJ-45 Anda Konektor masih bekerja dengan baik.

Jika upaya untuk membersihkan komponen Kartu LAN dan memeriksa kabel dan konektor RJ-45 belum menyelesaikan masalah, maka sebelum menggantinya dengan yang baru, Anda dapat mengambil dan mengeluarkan Kartu LAN dari komputer lain dan memasangnya di komputer yang bermasalah , dan jika demikian komputer dapat bekerja secara normal, maka Anda dapat memastikan Kartu LAN Anda sudah rusak.

Untuk menggantinya, Anda dapat membeli Kartu LAN baru dan memasangnya kembali ke komputer Anda. Setelah itu Anda bisa menggunakan komputer kembali seperti biasanya.

Demikian ulasan Mengatasi Kerusakan pada Kartu Jaringan (Kartu LAN) mungkin berguna bagi Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *