Ini Dia 6 Faktor Yang Membuat Laptop Cepat Rusak

Ini Dia 6 Faktor Yang Membuat Laptop Cepat Rusak

Di era digital ini, keberadaan laptop sama pentingnya dengan ponsel. Selain memudahkan melakukan pekerjaan sekolah dan pekerjaan kantor, laptop juga sering dibuat untuk mengobrol dan menonton film online.

Namun, terkadang laptop menjadi lebih mudah rusak karena beberapa faktor, salah satunya adalah kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan, tetapi sering Anda anggap sepele. Padahal kebiasaan ini justru dapat menyebabkan kerusakan pada laptop yang Anda miliki.

Berikut ini adalah 6 kebiasaan yang sering dianggap sepele, tetapi bisa membuat laptop menjadi cepat rusak. Hindari kebiasaan ini!

1. Isi daya laptop saat baterai di atas 30%

Anda tidak harus mengisi ulang baterai laptop Anda ketika baterai masih di atas 30%, mengapa? Karena daya baterai saat baterai di atas 30%, itu akan membuat kemampuan baterai untuk menyimpan daya lebih sedikit dan membuat baterai laptop lebih cepat rusak. Anda lebih baik mengisi baterai laptop ketika 10%.

2. Tempatkan laptop di tempat yang lunak

Meletakkan laptop di tempat yang lunak dan lembut seperti kasur dan sofa juga dapat memicu laptop menjadi cepat rusak, mengapa? Karena kasur dan sofa adalah benda yang tidak bisa menyerap panas, maka lubang sirkulasi udara di bawah laptop akan tertutup.

Ini akan menyebabkan laptop dioperasikan menjadi panas lebih cepat, dan tentu saja ini dapat menyebabkan komponen laptop terlalu panas. Kerusakan juga akan terjadi jika kebiasaan meletakkan laptop di tempat yang lunak dan lunak tidak segera dihentikan.

3. Jarang membersihkan laptop

Pengguna laptop seringkali meremehkan kebersihan laptop mereka, meski kebiasaan sepele seperti ini bisa membahayakan kondisi laptop, lho. Debu yang menempel pada komponen-komponen dalam laptop, jika dibiarkan, akan mengganggu kinerja laptop.

Selain itu, debu pada layar juga akan mengganggu tampilan pada layar monitor. Tentunya Anda tidak ingin kegiatan browsing Anda terganggu karena debu di layar monitor? Maka Anda harus membersihkan bagian luar secara teratur setidaknya seminggu sekali, dan untuk bagian dalam setiap 3 bulan.

4. Menaruh minuman di dekat laptop

Sangat sering orang menaruh minuman mereka di dekat laptop ketika mengoperasikan gadget, dengan tujuan untuk membuat minuman tersebut menjadi mudah ketika dia haus. Padahal, jika minuman itu tumpah dan soal laptop, itu bisa memicu kerusakan laptop, lho. Laptop adalah salah satu benda elektronik yang tidak tahan terhadap cairan dan berisiko rusak jika terkena cairan, seperti tumpahan air atau kopi.

Jika laptop Anda sudah terkena cairan, maka Anda harus segera mematikan laptop Anda, kemudian lepaskan semua komponen di dalamnya, seperti baterai dan lainnya. Setelah itu, keringkan semua komponen, dan jika sudah kering, maka Anda pasang kembali komponen seperti sebelumnya.

5. Letakkan ponsel di dekat laptop

Kebanyakan orang meletakkan ponsel mereka di dekat laptop saat mereka mengerjakan tugas dari sekolah atau dari kantor, meskipun kebiasaan sepele ini dapat menyebabkan kerusakan pada laptop, Anda tahu.

Ponsel dapat memancarkan medan magnet, yang akan berbahaya jika diletakkan dekat dengan benda yang juga memiliki bidang yang sama, seperti laptop. Ini tidak hanya akan merusak laptop, tetapi juga akan merusak ponsel Anda. Yang terbaik adalah memberi jarak antara dua gadget sekitar 15-20 cm.

6. Biarkan baterai laptop benar-benar habis

Segera isi baterai laptop Anda jika baterai sudah mencapai 10%, karena jika Anda mengisi daya baterai saat 0%, lama-kelamaan baterai laptop Anda akan cepat habis. Tentu saja jika kebiasaan pengisian daya laptop saat 0% Anda tidak segera menghentikannya, itu akan membuat laptop Anda lebih cepat rusak.

 

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *